SELAMAT DATANG DI SMAN 1 TELUK KUANTAN

SEKAPUR SIRIH

SimBale:


juhernaidy

SEKAPUR SIRIH


Assalamualaikum Wr. Wb.

Selamat datang di Blogpot SMAN 1 Teluk Kuantan Kab.Kuantan Singingi-Riau. Blogspot ini kami buat sebagai wujud kepedulian terhadap almamater yang ingin mengetahui perkembangan SMAN 1 dan juga sebagai wujud komitmen kami terhadap kepedulian teknologi informasi dalam dunia pendidikan malalui internet. Melalui Blogspot ini kami juga akan memberikan informasi-informasi sekitar sekolah, tenaga pendidik, siswa, prestasi dan fasilitas yang tersedia di SMAN 1 Teluk Kuantan . Sejalan dengan peranan meningkatnya teknologi informasi dalam dunia pendidikan maka pengelolaan dan pembelajaran di sekolah dengan dukungan teknologi sangat penting dilakukan. Hal ini dikarenakan pada kurikulum 2013 yang berbasis pada kompetensi. Disitu sudah dicanangkan sistem pembelajaran teknologi informasi dalam program intra kurikuler dan hal ini harus dilaksanakan setiap sekolah.


Wassalamualikum Wr. Wb.


Kepala Sekolah SMAN 1 Teluk Kuantan




SAPRIANTO ELDI,S.Pd.I
NIP.197612172009031001

Senin, 05 Februari 2018

SMA NEGERI 1 TELUK KUANTAN DARI MASA KE MASA

Sek.Humas
DJUHERNAIDI,S.Pd


SMA Negeri 1 Teluk Kuantan Kecamatan Kuantan Tengah Kabupaten Kuantan Singingi, merupakan SMA tertua di Kabupaten Kuantan Singingi. SMA ini didirikan pada tahun 1974 dan pernah dijuluki sebagai SMA Negeri 450  di Indonesia,Lulusannya  sudah banyak menelorkan orang-orang yang hebat, para Alumni  tamatan dari sekolah ini   sudah banyak yang bekerja menempati posisi penting dan strategis di lingkungan Pemkab Kuantan Singingi khususnya dan Provinsi Riau pada umumnya. Disamping itu tidak sedikit para alumninya yang bekerja sebagai Pengusaha,wiraswasta dan lain sebagainya.
SMA Negeri 1 Teluk Kuantan saat di nahodai oleh Kepala sekolah Saprianto Eldi,S.Pd.I, yang dibantu oleh 4 (empat) orang Wakil Kepala Sekolah, wakil kepala sekolah bidang  Kurikulum dijabat oleh Ziyadul Kamal,S.Pd.I,MA, wakasek bidang kesiswaan oleh H.Eprion,M.Pd, bidang SarPras dijabat oleh Drs.Kristion, Wakasek bidang Humas  dijabat oleh Noparlin,S.Pd sedangkan wakasek bidang Hubungan Masyarakat dijabat Ziyadul Kamal,S.Pd.I,MA. Saat ini jumlah Tenaga Pengajar di Sekolah ini berjumlah 76 orang, staf Tata Usaha berjumlah 12 orang dan jumlah peserta didik  pada awal Tahun Pelajaran 2017/2018 berjumlah 987 orang yang disebar pada 26 Rombel dengan membuka 2 jurusan atau yang sekarang disebut dengan Peminatan yaitu jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan jurusan Ilmu  Pengetahuan Sosial  (IPS).
Dibawah kepemimpinan Ergusneti,S.Pd  sekolah ini tetap menggeliat kearah kemajuan yang membanggakan,karena banyak terobosan yang dilakukan. Tidak hanya menonjol  dibidang  Akademik,dibidang Non Akademikpun semisal Basket Liga Riau Pos series yang merupakan laga bergengsi antar pelajar SLTA di Riau, Tim Basket dengan julukan Point ini adalah Tim tangguh yang sangat disegani oleh pebasket lainnya di Provinsi Riau.  Demikian pula dibidang Akademik kemampuan dan prestasi sekolah ini juga masih terdepan, dalam perolehan nilai Ujian Nasional  (UN) Sekolah ini membuktikan diri dan eksis ingin menjadi  yang terbaik, demikian pula dalam lomba mata pelajaran, Olimpiade  sains baik pada tingkat Kabupaten, Tingkat Provinsi bahkan tingkat Nasional pun anak-anak sekolah ini juga masih dapat diandalkan. Sebagai tolak ukur keberhasilan sebuah SMA,pada Tahun Akademik 2016/2017 Lulusan sekolah ini mendulang sejumlah prestasi,yaitu dengan Lulusnya anak didik sekolah ini diberbagai Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di Tanah air melalui jalur SNMPTN,PBUD dan SBMPTN. Dari data yang diproleh sekolah sudah tercatat sebanyak 160 orang yang mendapat kursi di Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta, antara lain Universitas Riau,UIN SUSQA,UNP PADANG,UNAND PADADANG,IPB Bogor, UGM Yogjakarta,UII Jakarta,UMY Yogyakarta,UMM Malang,POLTEKES Pekanbaru,Farmasi Padang, UIR Pekan Baru,UNDIP Semarang,Universitas Jember,UNJANI Bandung,UNPAS Bandung,UNISBA Bandung,UNICOM Bandung,Metodis Medan, Baiturrahmah Padang,dan bebagai Perguruan Tinggi Lainnya dengan berbagi jurusan dan Program Studi.Selanjutnya Kurikulum  yang diterapkan di sekolah ini adalah Kurikulum 2013.Penerapan dan Implementasi Kurikulum 2013 telah diberlakukan semenjak di Lounching pada tahun 2013 sampai dengan saat ini SMA Negeri 1 Teluk Kuantan secara konsisten melakukannya didalam pelaksanaan Pembelajaran.
Dalam bidang Ekstakurikuler kemampuan sekolah ini juga dapat dibanggakan, misalnya dalam bidang seni, baik seni suara atau olahan vocal,seni Tari kreatif, Kabaret, Rebbana dan lagu-lagu bersyair Islami, dalam bidang Fashion juga patut untuk dicatat, demikian pula dalam bidang Olahraga disamping Basket anak-anak Sekolah ini juga punya potensi dalam olahraga sepak bola dan Bola Volly.
 Pada gelar upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke 71 pada tahun 2016 ini,terpilih 13 orang Siswa terbaiknya menjadi anggota PASKIBRAKA tingkat kabupaten, 1 orang Tingkat Provinsi Riau atas nama SOFYAN FARGUE SIMAMORA siswa kelas XI IPA 3 dan 1 orang siswa terbaik SMA Negeri 1 Teluk Kuantan dipercaya menjadi Paskibraka Tingkat Nasional atas nama MUHAMMAD ELZI PEBRIANTINO ditahun 2016 ,FIKRI ARDIYANSYA di tahun 2017 dan FIRA  pada Agus tus 2018 yang lalu.   
  Demikian pula dalam bidang sarana prasarana, sekolah ini secara terencana dan terprogram tetap berbenah diri, ini dibuktikan  dengan perhatian yang serius dan sungguh-sungguh dari Pemerintah Provinsi Riau dan Kabupaten Kuantan Singingi khususnya,  saat ini gedung induk berlantai dua  sudah berdiri dengan megahnya.  Pasilitas sarana prasarana pembelajaran boleh dikatakan telah  terbilang lengkap. Ruang Kelas yang Refsentatif,Laboratorium IPA,Komputer dan Bahasa, Perpustakaan,Aula,Mushalla, Kantin,Wifi,Lapangan Olahraga dan lingkungan sekolah yang sehat,nyaman ,bersih  dan indah sehingga sangat  menyenangkan  untuk melaksanakan proses pembelajaran dan melaksanakan berbagai kegiatan ekstrakurikuler  yang  telah  diProgramkan dan disiapkan oleh Sekolah. Terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi dan juga terima kasih kami kepada Dinas Pendidikan, serta terima kasih kami yang tulus ikhlas kepada seluruh stake holder pendukung yang telah terlibat aktif membantu kami dalam memajukan sekolah kebanggaan kita ini.
 Begitu pula halnya dibidang penataan lingkungan sekolah ini sudah menyandang prediket sekolah Adiwiyata Nasional, menuju Adiwiyata Mandiri,dan pada tahun 2015 SMA Negeri 1 Teluk Kuantan menjadi duta Provinsi Riau sebagai Sekolah sehat  Tingkat Provinsi Riau untuk berlaga di tingkat Nasional. Julukan lainnya yang diperoleh SMA Negeri 1 Teluk Kuantan adalah sekolah Penyetaraan Gender Tingkat Provinsi Riau, Sekolah Rujukan Nasional dan lain sebagainya.Pemasangan papim block pekarangan, penanaman pepohonan,bunga-bungaan dan penanaman rumput hijau membuat suasana lingkungan menjadi lebih asri, dan nyaman yang   memungkinkan sebagai sekolah yang menerapkan proses pembelajaran Full day School (sekolah sepanjang hari), demikian pula  tidak ketinggalan pula dalam bidang peningkatan kualitas sumber daya guru yang senantiasa dikirim untuk mengikuti berbagai  Diklat baik tingkat kabupaten, Provinsi ,Regional maupun Tingkat  Nasional.

0 comments:

Posting Komentar